Breaking News

Antisipasi Corona, Saudi Larang Warganya untuk Umrah

Setelah melarang jamaah umrah dari sejumlah negara untuk memasuki Makkah dan Madinah guna menghindari penyebaran virus corona (Covid-19), Kerajaan Saudi Arabia mulai melarang warganya untuk melaksanakan ibadah umrah. Larangan sementara ini berlaku untuk warga Saudi asli maupun pendatang yang menetap (mukimin) di Saudi Arabia.

“Arab Saudi telah menangguhkan masuknya orang-orang yang ingin melakukan umrah atau mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah karena kekhawatiran akan penyebaran virus corona,” kata Kementerian Luar Negeri seperti dikutip dari laman saudigazette.com.sa.

Larangan umrah sementara untuk warga Saudi dan para mukimin ini dirilis Kementerian Haji dan Umrah Saudi Arabia pada Rabu, 4 Maret 2020. Untuk sementara waktu, kunjungan ke dua masjid utama yakni Masjid Nabawi di Madinah dan Masjidil Haram di Makkah dilarang sampai batas waktu yang belum ditentukan. Bahkan, jamaah umrah yang belum memasuki Makkah, diminta menyelesaikan ibadah umrah dan meninggalkan Makkah sampai tiga hari ke depan.

Sebelum melarang warganya melaksanakan umrah, Saudi Arabia telah melarang masuknya jamaah umrah dari negara-negara Teluk seperti Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Oman, dan lain-lain. Saudi menangguhkan visa bagi warga dari Dewan Kerja Sama Teluk (GCC) memasuki Mekkah serta Madinah.Keputusan ini diambil Pemerintah Saudi Arabia setelah dua warga Saudi meninggal akibat virus corona dalam sepekan ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *