Breaking News

Gubernur Makkah Pimpin Prosesi Pencucian Kabah

Gubernur Makkah Pangeran Khalid Al Faisal bin Abdulaziz memimpin prosesi pencucian Kabah setelah musim haji 1440/2019 selesai pada pertengahan September 2019. Pencucian kabah ini menjadi tradisi tahunan setiap selesai musim haji sekaligus untuk menyambut musim haji dan umrah tahun berikutnya. Prosesi pencucian Kabah biasanya dipimpin langsung oleh Raja Saudi Arabia.

Namun, pencucian Kabah tahun ini dipimpin oleh Pangeran Khaled yang mewakili Raja Salman. Pangeran Khalid dipilih bukan karena jabatannya sebagai Gubernur Makkah semata, tapi juga karena dipercaya menjadi penasehat Penjaga Dua Masjid Suci yakni Masjid Nabawi di Madinah dan Masjidil Haram di Makkah.

Dalam proses pencucian Kabah pada 16 September 2019 ini, Pangeran Al Khalid diterima oleh Presiden Urusan Dua Masjid Suci, Syeikh Abdulrahman bin Abdulaziz Al Sudais. Pangeran Al Khaled datang bersama Wakil Gubernur Makkah Pangeran Badr bin Sultan bin Abdulaziz, Menteri Haji dan Umrah Muhammad Soleh Benten, sejumlah menteri dan korp diplomatik yang memiliki hubungan diplomatik dengan Saudi Arabia.

Pangeran Al Khaled memulai pencucian dari bagian dalam Kabah menggunakan air zamzam dan bunga mawar yang kemudian diikuti oleh pajabat teras lain serta perwakilan negara sahabat. Bahkan, umat Islam yang sedang berada di sekitar Masjidil Haram juga diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam pencucian Kabah ini. Selesai proses pencucian, kain selubung penutup Kabah atau kiswah diganti dengan yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *