Breaking News

Inilah Tiga Peristiwa Besar di Jabal Rahmah

Umat Islam dari mana pun asalnya pasti tidak asing dengan Jabal Rahmah. Bukit setinggi 70 meter ini merupakan salah satu tempat yang mesti dikunjungi ketika melaksanakan ibadah haji maupun umroh. Meski tidak termasuk rangkaian ibadah, tapi kunjungan ke bukit kasih sayang ini seperti tidak mungkin dilewatkan. Tidak harus naik ke puncak, cukup berada di sekitar bukit ini sudah membuat hati lega.

Bukit yang terletak di sisi timur Padang Arafah ini ternyata menyimpan kisah penuh hikmah dan menjadi tempat terjadinya tiga peristiwa besar, yakni:

Pertemuan Nabi Adam dan Siti Hawa
Setelah terpisah sekitar 200-300 tahun, Nabi Adam dan Hawa akhirnya kembali berjumpa di Jabal Rahmah. Bapak dan ibu umat manusia ini diturunkan dari surga setelah termakan bujuk rayu setelah agar memakan buah khuldi. Setelah diturunkan ke bumi, bertaubat memohon ampun sampai akhirnya Allah mempertemukan mereka kembali di puncak Jabal Rahmah. Setelah pertemuan ini, Nabi Adam dan Hawa melanjutkan hidup mereka dan melahirkan anak-anak keturunannya sampai sekarang.

Mimpi Nabi Ibrahim
Jabal Ramah memiliki kaitan penting dengan kurban. Sebelum Nabi Ibrahim meyakini mimpi menyembelih anaknya, Ismail AS adalah perintah Allah, Nabi Ibrahim selalu gelisah karena ingin membuktikan mimpinya. Di Jabal Rahmah inilah Nabi Ibrahim AS akhirnya meyakini mimpi itu memang perintah Allah. Di Jamarat, di sekitar daerah inilah Nabi Ibrahim digoda setan dan melempar setan dengan batu yang diabadikan dalam ritual Jumroh di ibadah haji.

Turunnya Wahyu Terakhir
Di Jabal Rahma, Nabi Muhammad menyampaikan dakwah yang menjelaskan kesempurnaan ajaran Islam. Kabar ini disambut gembira oleh kaum muslimin. Namun tidak dengan Umar bin Khattab dan Sayyidina Abu Bakar yang menangis karena menyadari ini adalah firasat Nabi SAW akan meninggalkan mereka. Nabi SAW menyampaikan surah Al Nashr.

“Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan. Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *