Breaking News

Lady Cobbold, Wanita Inggris Pertama yang Pergi Haji

Jika kita ditanya siapa orang Indonesia pertama yang menunaikan ibadah haji? Jawabannya pasti susah karena tidak ada data dan bukti. Tapi, kalau ditanya siapa wanita Inggris pertama yang menjalankan ibadah haji? Jawabannya ternyata lebih mudah.

Ya, pada tahun 1933, dunia Islam dibuat heran, kagum, dan takjub karena untuk pertama kali ada wanita Inggris beribadah haji. Apalagi dia bukan orang biasa. Dia adalah Lady Evelyn Zainab Murray Cobbold, bangsawan Inggris yang diyakini sebagai muslimah pertama di negara Ratu Elizabeth ini.

Laddy Evelyn beribadah haji pada usia 66 tahun. Dia berasal dari keluarga bangsawan Suffolk yang berpengaruh. Tidak heran kalau perjalanan hajinya menjadi berita besar di media-media Inggris. Lady Evelyn adalah putri tertua pasangan Charles Adolphus Murray (Earl of Dunmore ketujuh) dan Lady Gertrude Coke (putri kedua Earl of Leicester).

Dia lahir di Edinburgh tahun 1867 dan keturunan Pangeran William I Inggris atau William dari Normandia yang dikenal dengan William Sang Penakluk. Dari silsilah ini, tent Lade Evelyn bukan orang sembarangan karena berasal dari kalangan bangsawan. Tapi, keyakinan yang kuat membuat dia berani mengambil keputusan besar.

Sebelum mendapat ijin Kerajaan Saudi Arabia untuk memasuki Makkah, Lady Avelyn tinggal di Jeddah. Kisah perjalanan hajinya ditulis tangan dan dijadikan buku meski tidak dicetak seperti buku kebanyakan. Buku yang dibuat terbatas ini diberi judul Pilgimate to Mecca.

Penerbitan kembali buku ini dilakukan pada tahun 2009. Lady Evelyn sendiri meninggal dunia pada tahun 1963. Semoga perjalanan Lady Evelyn Zainab ini menjadi inspirasi bagi umat Islam di dunia, terutama di Indonesia.