Breaking News

Siapa Sahabat Pertama yang Dimakamkan di Baqi’?

Baqi’ merupakan salah satu tempat yang selalu dikunjungi jamaah haji maupun umroh karena memiliki nilai sejarah yang sangat penting. Di pemakaman seluas 180 meter persegi ini tidak kurang dari 10 ribu sahabat Nabi SAW dan tabiin seperti As’ad bin Zararah, Utsman bin Mazoun, Abdurrahman bin Auf, dan Sa’ad bin Abi Waqqas dimakamkan.

Begitu juga dengan keluarga Rasulullah seperti Aisyah, Fatimah az-Zahra, Ruqayyah, Zainab, dan Ummi Kultsum. Tidak heran jika pemakaman di sisi timur Masjid Nabawi ini ramai dikunjungi umat Islam.

Pemakaman Baqi’ sebenarnya sudah ada sejak sebelum Nabi SAW hijrah ke Madinah. Namun, sahabat pertama yang dimakamkan di sini adalah Utsman bin Mazh’un. Ia merupakan sahabat dari kalangan muhajirin. Ia menempati urutan ke-14 di antara sahabat yang pertama kali masuk Islam.

Utsman bin Mazh’un pernah ditunjuk Rasulullah untuk memimpin rombongan umat Islam berhijrah ke Abissiniya atau Habasyah (Etiohpia) untuk menghindari kekejaman kaum Quraisy Makkah. Total ada 11 orang pria dan 4 orang wanita yang hijrah untuk mencari perlindungan dari Kerajaan Aksum yang dipimpin oleh Raja Najasyi (Ashama ibnu Abjar).

Setelah tiga bulan di Ethiopia, rombongan ini kembali ke Makkah. Tapi, perlakuan lebih kejam membuat umat Islam kembali hijrah ke Ethiopia. Jumlahnya kali ini lebih banyak mencapai 83 orang. Kehidupan umat Islam di Ethiopia ini jauh lebih baik karena mendapatkan perlindungan dari kerajaan.

Meski demikian, sebagian dari sahabat Nabi SAW kembali ke Makkah karena tidak ingin membiarkan Nabi SAW berjuang sendiri. Utsman bin Mazh’un menghabiskan semua hidupnya untuk berjuang bersama Rasulullah.

Utsman bin Mazh’un akhirnya mengikuti jejak Nabi SAW ketika berhijrah ke Madinah. Dua tahun setelah hijrah ini, Utsman bin Mazh’un wafat pada tahun 624 Masehi. Nabi SAW sampai meneteskan air mata mendengar kematiannya. Bahkan, kening jenazah Ustman sampai basah oleh air mata yang menetes dari mata Rasulullah.

Begitu besar perhatian Rasulullah kepada Ustman, sampai-sampai Rasulullah sendiri yang menentukan lokasi makam Utsman di Baqi’. Bahkan, di samping makam Utsman inilah putra putri Rasulullah yakni Ibrahim, Ruqayyah dan Zainab dimakamkan.